Rabu, 19 Oktober 2016

Praktis & Gratis !!! Cara Instal CWM Recovery Dengan ROM Manager



Gan, ingin instal CWM lebih praktis? Ga perlu ribet pake komputer?

Ada kok cara yang lebih praktis. Cukup pasang  aplikasi android di smartphone Agan. Aplikasi tersebut bisa membantu memasangkan CWM Recovery sesuai model smartphone Agan.

Di Play Store banyak  banget aplikasi buat instal CWM Recovery, tapi  yang banyak dan praktis digunakan adalah ROM Manager.

Aplikasi ROM Manager ini ukurannya kecil, cuma 3,6 MB dan support untuk OS android mulai dari versi 2.2 atau yang terbaru.

Sekedar tambahan aja, kalo buat alternatif selain ROM Manager Agan bisa pakai aplikasi yang namanya Flashify atau Rashr.

img-cara_instal_cwm_recovery_dengan_ROMManager



Lanjut ke topik  cara instal CWM Recovery-nya

Tapi, sebelum melakukan instal CWM Recovery dengan ROM Manager, yang harus Agan pastikan adalah HH atau smartphone-nya sudah di root terlebih dulu.

Kalo smartphonenya  belum di-root, Agan bisa baca tutorial root perangkat Android sesuai model/type smartphone Agan.

Oh ya, dan satu lagi, resiko ditanggung Agan sendiri ya.....

Berikut tutorial mudah cara instal CWM Recovery dengan ROM Manager.

1. Download dan Instal,

Gan, download aja di Play Store. Cari dengan keyword ClockWorkMod, pasti ketemu dah. Di sana bakal ada dua versi, yang gratis dan yang premium. Pilih aja yang gratis, udah cukup kok. Atau bisa juga lewat link download yang ini Gan:

2. Buka aplikasi ROM Manager kemudian pilih Recovery Setup,

3. Tap ClockWorkMod Recovery pada bagian Instal or Update Recovery,

4. ROM Manager akan mendeteksi model HH . Pastikan yang muncul model HH Agan,

Nah sampai tahap ini, kalo ga muncul model HP Agan di daftar tersebut  gimana dong? Tapi kalo model HHnya muncul lanjut terus ke langkah  nomor 5 dst ya.

Perlu Agan tahu bahwa tidak semua model/type smartphone bisa instal CWM Recovery dengan aplikasi ROM Manager ini loh.

Itu pernah saya alami waktu coba pake smartphone Asus Zenfone 4s. Dan memang, Asus Zenfone tidak ada dalam daftar model HH yang  bisa diinstalkan CWM lewat ROM Manager. Apllikasi ROM Manager tersebut bisa diinstal tapi tidak bisa untuk instal CWM Recovery.

Kalo begitu apa ada cara lain untuk instal CWM Recovery?

Untuk itu Agan bisa baca tutorial lainnya untuk tahu cara alternatif instal CWM Recovery di smartphone Agan, berikut link nya:




5. Kalo muncul notifikasi model Device HH Agan pilih Yes lalu pilih ClockWorkMod,

Seperti itulah cara instal CWM Recovery dengan ROM Manager, Agan tinggal kembali ke menu awal dan pilih "Reboot intp Recovery" kemudian izinkan akses Root. HH akan Reboot dan masuk ke CWM Recovery.

Terakhir Gan, mungkin bakal ada yang beda soal gimana caranya menggunakan ROM Manager terbaru, karena tentu aja aplikasi ROM Manager bakal selalu di-update oleh develover-nya. Tapi, secara garis besar sih sama aja.

Selamat mencoba, semoga berhasil, Gan! :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar