Rabu, 19 Oktober 2016

Cara Instal CWM Recovery Dengan SP Flash Tool, 100% Berhasil!!!


Berikut ini cara yang lain lagi buat instal CWM Recovery. Ga seperti tutorial sebelumnya pake ROM Manager (aplikasi android), SP Flash Tool ini adalah aplikasi Windows atau untuk versi lainnya bisa buat Linux, bukan aplikasi Android. Berarti Agan mesti instal di komputer/atau laptop buat ngejalanin aplikasi ini ya.

Jadi, Gan, ini merupakan salah satu cara instal CWM lewat komputer pc/laptop dan tentu aja Agan butuh komputer/laptop buat instal CWM kalo ngikutin tutorial ini.

Btw, kalo dilihat dari segi praktis ngga nya, instal CWM dengan SP Flash Tool ini kalah praktis dibanding kalo Agan pake ROM Manager.  ROM Manager tinggal langsung instal di ponsel Android bisa langsung flash CWM Recovery dan ga butuh komputer.

Tapi Gan, kadang-kadang, ga setiap aplikasi support untuk semua jenis smartphone. ROM Manager sendiri ga bisa instal CWM untuk HP tertentu. Nah, sebab  itu SP Flash Tool mungkin bisa jadi alternatifnya.

Sekilas tentang SP Flash Tool (Smart Phone Flash Tool), aplikasi ini dibuat untuk nge-flash Stock ROM, Custom Recovery, Firmware Update, dan lain-lain. (Dan tentu dalam tutorial ini akan ngebahas soal flash custom recovery).

Sama seperti ROM Manager, SP Flash Tool ini hanya untuk smartphone tertentu. Tapi kalo SP Flash Tool untuk smartphone dengan chip MTK (MediaTek) alias MTK Based.

Berikut ini adalah gambar dari tampilan SP Flash Tool

img-cara_instal_cwm_dengan_SPFlashTool 

Cara instal CWM Recovery dengan SP Flash Tool


Sebelumnya agan harus siapin dulu bahan-bahannya. Berikut yang harus disiapin:....



  • SP Flash Tool, Download untuk versi Windows kalo komputer Agan operating system nya Windows, tapi kalo Linux juga ada, Linux 64 bit dan 32 bit. Link download bisa Agan temukan di bagian bawah postingan ini,
  • File CWM Recovery-nya atau Custom ROM/firmware yang sudah ada file CWM-nya. Agan bisa download file CWM Recoverynya  lewat link download di bawah dan untuk Custom ROM bisa dicari yang sesuai dengan HH agan,
  • Download MediaTek USB VCOM Drivers atau Driver Auto Installer v1.1236.00. Driver ini diperlukan buat komputer supaya bisa mengenali HH Agan,
  • File Scatter HH Agan. Itu bisa dicari atau dibuat sendiri pake MTK Droid Tool. Baca tutorialnya di sini,
  • Kabel USB/kabel data buat koneksi dari HH ke komputer dan komputer atau laptop,
  • HH/smartphone Agan harus sudah di-root. Ini penting Gan, kalo belum di-root ga bakal bisa instal CWM Recovery. Dan kalo belum di-root bisa baca tutorial Root HP android disini, cari sesuai HH Agan.


Sebelum lanjut ke tutorialnya, saya ngingetin Gan, kalo resiko ditanggung Agan sendiri ya (DWYOR)...


Berikut tutorial cara instal CWM Recovery dengan SP Flash Tool

1. Instal MediaTek USB VCOM Drivers atau Driver Auto Installer di komputer Agan biar HH nya dapat dikenali komputer,

2. Jalankan SP Flash Tool. Jika masih berupa archive file (.rar) Agan ekstrak baru kemudian jalankan,

3. Cari file Scatter yang sudah Agan siapkan sebelumnya dengan klik pada Scatter Loading,

4. Nah Gan, nanti bakalan muncul deretan daftar. Hapus semua ceklis lalu Agan pilih Recovery.

5. Kemudian klik Recovery dan cari file Recovery image yang akan Agan flash. Sekali lagi, pastikan ya Gan, yang diceklis Cuma Recovery nya aja.

6. Matiin HH Agan (power OFF) dan sambungkan ke komputer. Kalo ga ke detek coba instal ulang driver yang Agan instal tadi.

7. Selanjutnya agan tinggal klik Download dan pilih Yes jika Download Warning muncul.  Dan kalo sudah muncul tanda hijau berarti proses download sudah berhasil.

Kalo dengan SP Flash Tool ini instal CWM nya tetep ga bisa juga atau mungkin karena HH/smartphone Agan bukan Mediatek dalemannya coba cara yang lain........
Tutorial Instal CWM Recovery Dengan ROM Manager

Tidak ada komentar:

Posting Komentar